Thursday, September 29, 2011

Kisah Rekruitasi di PT XYZ

Nggak biasanya gw posting sesuatu yang mengisahkan tentang proses rekruitasi di suatu perusahaan yang belum jelas hasil akhirnya. Selama ini gw selalu berikrar kalo gw baru akan posting kalau perusahaan itu udah officially meng-hire gw. Tapi rasanya gw butuh sedikit curhat disini.

Sebutlah perusahaan yang gw ikuti seleksinya adalah perusahaan XYZ (masih rada 'tabu' aja nyebut nama official nya selama masih belum jelas hasil akhirnya), sebuah perusahaan non-governmental yang punya anak perusahaan sangat banyak. Kenapa tiba-tiba gw mau share di blog padahal gw baru sampe tahap sangat awal?

It's okay. Belum tentu juga ada yang baca postingan gw kali ini .

Jadi semua dimulai dari hari Rabu minggu lalu, tanggal 21 September 2011. Tiba-tiba aja ada sms yang mengundang gw untuk proses di perusahaan XYZ itu. Karena dia cuma minta bawa pensil, CV, dan lain-lain, jadi gw berasumsi kalau tes ini adalah psikotes.

Oke, gw bisa rada tenang kalau psikotes. Soalnya kalau itu interview atau FGD atau lain-lain yang mengharuskan gw untuk berkomunikasi verbal, maka gw akan lebih stress. Ya, ya, skill ngomong gw ini emang bisa dibilang 'suck', makanya gw lebih bisa menuangkan apa yang ada dipikiran gw lewat tulisan. 

Akhirnya pada tanggal yang telah ditetapkan, yaitu 26 September 2011 kemarin, gw pun berangkat menuju perusahaan yang awalnya gw kira cuma nyuekin nama gw dalam list pelamar. Berhubung gw nggak tau pasti dimana tempatnya, gw pun minta anter tetangga (baca: ngojek). Nah, kurang beruntungnya, si tetangga gw itu bener-bener clueless akan tempatnya. Well, gw pikir nantinya bisa tanya-tanya sama orang sekitar jadi no problemo lah.

Masalah pun mulai muncul. Kalo tetangga gw itu bener-bener nggak tau dan dia mau nurut apa kata hati gw, kita pasti nggak akan nyasar sejauh itu. Jadi ceritanya si A (anggep aja inisial untuk tetangga gw) ini rada 'ngeyel'. Dia terus aja nyetir motornya sesuai kata hatinya, padahal dia sendiri nggak yakin. Sedangkan gw punya feeling kalo dia salah besar. Tapi okelah, gw nurut aja. Karena setelah gw protes, dia tetep nggak mau dengerin gw. Ternyata feeling gw pun menjadi kenyataan. Kita officially nyasar dan gw sempet agak kesel juga sama ke-ngeyel-an si A itu. Tapi yaudah lah, main salah-salahan juga percuma. Akhirnya setelah tanya sana-sini, Alhamdulilah ketemu juga tempatnya.

Sekitar jam 8.30, tes pun dimulai. Gw liat kandidat lain tampak tampil sangat meyakinkan dan sempet sih terbesit rasa minder sedikit. Tapi ah, buat apa juga ngerisauin orang lain. Yang paling penting kan gimana usaha gw nantinya.

Setelah dikasih pengarahan tentang profile singkat perusahaan yang notabene punya cicit segala, psikotes pun dimulai. Ada beberapa part (gw akan cerita lebih detail nanti). Jadi setelah sesi psikotes awal ini selesai, akan diumumin siapa aja yang lolos dan berhak untuk ikut psikotes tahap selanjutnya. Sekitar dua jam, psikotes pun selesai. Kita pun disuruh nunggu sekitar sepuluh menit untuk tahu hasilnya. Alhamdulilah gw dinyatakan lolos ke tahap psikotes selanjutnya bersama 16 kandidat lain dari 23 orang yang ikut seleksi pertama.

Psikotes tahap 2 ini temanya adalah menggambar. Yeah, gw udah yakin bener bakal kayak apa tes-nya. Ternyata emang nggak jauh-jauh dari Wartegg Test, tes gambar pohon dikotil, dan tes gambar manusia. Jujur, sebagai orang yang nggak punya darah seni dan tingkat kreativitas yang mood-moodan kaya gw gini, gambar bisa jadi salah satu hal yang paling 'menyebalkan' kalau mood buat nge-gambar lagi nggak ada. Mungkin si pemeriksa ketawa ngeliat gambaran gw yang sama sekali ga ada bagus-bagusnya . Setelah sesi gambar itu berakhir, lanjutlah pada tes pengisian kuesioner kepribadian. 

Tau-tau si mbak tim rekruitasi bilang kalau tes masih akan dilanjut setelah makan siang, yaitu interview dan Focus Group Discussion. Dang it, pikir gw saat itu. Interview dan FGD? Noooo! . Gw sama sekali nggak mempersiapkan buat itu! Gw bahkan SAMA SEKALI nggak baca profile perusahaan barang sekilas. *blames my stupidity *. Dan yang lebih mengejutkan lagi, gw NGGAK TAU posisi apa yang gw lamar. Ampuuuun deh. Kadang-kadang gw heran kenapa ke carelessness-an gw seolah makin menjadi di situasi kritis kayak begini .

Jam makan siang tiba. Oke, gw bisa relax sejenak sambil nyusun siasat untuk persiapan interview dan FGD nanti. Tapi tetep aja siasat itu nggak terpikirkan sama sekali dan gw berencana pasrah sambil tetep berusaha sebaik-baiknya. To be noted, gw belum pernah sekalipun ikut FGD dan skill ngomong gw extra suck. Hal itulah yang bikin gw ketar-ketir ketimbang apapun. (Well, well, pernah sih gw ikut FGD, tapi waktu itu cuma 3 orang termasuk gw dan in English, jadi gw masih bisa ikutan kontribusi). 

Akhirnya FGD pun dimulai. Gw dan tujuh kandidat lainnya duduk mengitari meja yang udah disediain sama panitia rekruitasi. Deg deg deg. Satu ketakutan gw: gimana kalau gw nggak tau caranya nyampein pendapat?

Ternyata apa yang gw takutin bener. Setiap kali mau ngomong, gw disela. Dan apa yang mau gw omongin itu udah diomongin sama kandidat lain. Daaaarn! Really, I blamed my shyness and diffidence! Diskusi akhirnya berakhir dengan gw cuma sebagai pihak penggembira. I cursed myself for this! . Gw bener-bener sangat menyesal.

Sekitar setengah jam setelah FGD berakhir, gw pun di-interview. Gw bersyukur karena interview kali ini adalah HRD. Tapi gw juga perlu waspada karena gw udah berkali-kali gagal di interview tahap ini. Bahkan gw pun nggak tau gimana kriteria penilaian yang bisa memuaskan si HRD, karena biasanya gw cukup enjoy tapi ternyata gw gagal.

Tes hari itu pun berakhir. Pengumumannya dua minggu lagi. Kalau semisal lolos (Aamiin), kita akan diminta untuk interview dengan user yang akan mempekerjakan kita, dengan dikasih 3 kesempatan dengan user yang beda dalam setahun. Kalau cocok, baru medical check up. Setelah semuanya oke, tanda tangan kontrak deh. Nggak bertele-tele sih prosesnya dan cukup jelas dan cepat. Tapi tetep aja soal kedodolan gw di FGD tadi bikin gw rada hilang kepercayaan diri.

Dengan rada gontai dan penuh dengan 'penyesalan', gw melangkah pulang. Saking sibuknya menyesal, gw bahkan nggak minat untuk naik ojek sepeda untuk sampai di shelter busway. Padahal jarak antara perusahaan itu dan shelter busway kurang lebih sekilo dan lumayan banget kalau jalan, ditambah lagi kondisi kaki gw yang lagi cedera dan badan yang sangat capek. Yah biar lah, gw anggep ini hukuman atas ke-bego-an gw di FGD dan interview tadi. 

Tapi walaupun begini begitu, tetep aja gw ngarep untuk lolos tahap selanjutnya. Gw sadar, sadar banget kalau secara kasat mata, usaha gw nggak akan cukup untuk bikin gw lolos. Tapi gw masih percaya akan pertolongan-Nya, Dia lah satu-satunya yang dapat membuat segala yang mustahil itu menjadi mungkin. Gw berharap akan ada mukjizat dari-Nya, aamiin Ya Rabb. 

So, mari kita tunggu dua minggu kedepan. Apapun hasilnya, gw akan posting di blog kali ini. Gw nggak akan 'run away' lagi kayak dulu dalam menghadapi kenyataan. Gw akan ikhlas dalam menerima segala kehendak-Nya, karena gw tau Dia lah yang Maha Tahu, lebih dari siapapun. Dia tahu apa yang terbaik buat hamba-Nya. Gw yakin, dibalik sederet kegagalan ini, ada satu pintu yang bernama kesuksesan. Dan gw nggak akan pernah menyerah untuk itu walaupun kegagalan terus menaungi langkah gw. Perlahan gw pun bisa mengambil hikmah dibalik kegagalan ini, itu berarti Allah masih sayang sama kita. Dia ngingetin kita untuk selalu inget akan kodrat kita sebagai manusia, yaitu untuk beribadah pada-Nya. Gw sempet ngelupain hal penting itu. 

Intinya adalah ikhlas dan sabar, juga selalu berkhusnuzon apa yang telah menjadi kehendak-Nya. Satu hal yang gw yakin, Allah itu tidak tidur dan dia pasti akan mendengar permintaan hamba-Nya :)

No comments:

Post a Comment